Jumat, 23 Maret 2012

SPM : PUSAT LABA


Pertimbangan Umum
l      Suatu organisasi fungsional adalah organisasi di mana didalamnya terdapat fungsi produksi yang dilakukan oleh unit organisasi yg terpisah.
l      Sebagai suatu aturan, perusahaan membuat unit-unit bisnis karena mereka telah memutuskan utk melimpahkan kewenangan yg lebih luas kepada para manajer yg beroperasi.

Kondisi dalam Mendelegasikan Pertanggungjawaban Laba
l      Manajer harus memiliki akses ke informasi relevan yg dibutuhkan dalam membuat keputusan serupa.
l      Harus ada semacam cara utk mengukur efektifnya suatu pertukaran yg dibuat oleh manajer

Manfaat Pusat Laba
l      Kualitas keputusan dapat meningkat krn keputusan tsb dibuat oleh para manajer yg paling dekat dgn titik keputusannya.
l      Kecepatan dari keputusan operasional dpt meningkat karena mereka tdk perlu mendapat persetujuan terlebih dahulu dari kantor pusat.
l      Manajemen kantor pusat bebas dr pengambilan keputusan harian sehingga dpt lebih berkonsentrasi pd hal yg lebih luas.
l      Karena pusat-pusat laba mirip dgn perusahaan yg independen, mereka memberi dasar pelatihan yg sempurna bagi manajemen umum.

l      Kesadaran laba dpt ditingkatkan karena para manajer yg bertanggungjawab atas laba akan selalu mencari cara utk meningkatkan labanya.
l      Pusat laba memberi informasi yg siap pakai bagi manajemen tingkat atas mengenai profitabilitas
l      Karena output yg dihasilkan telah siap pakai, pusat laba sangat responsif thd tekanan utk meningkatkan kinerja kompetitif

Permasalahan Pusat Laba
l      Pengambilan keputusan yg terdesentralisasi akan memaksa top management utk lebih mengandalkan laporan pengendalian manajemen drpd wawasan pribadinya atas suatu operasi, sehingga mengakibatkan sedikit hilangnya pengendalian.
l      Tidak ada sistem yg sangat memuaskan utk memastikan bahwa optimalisasi laba dr masing-masing pusat laba akan mengoptimalkan laba perusahaan secara keseluruhan

Unit sbg Pusat Laba
l      Unit-unit bisnis
l      Unit-unit fungsional : Pemasaran, manufaktur, dsb
l      Unit-unit pendukung : Unit pemeliharaan, tehnologi informasi, transportasi, layanan, konsumen, dsb
l      Kantor cabang / perwakilan

Mengukur Profitabilitas
l      Pengukuran kinerja manajemen, yg memiliki fokus pd bagaimana hasil kerja para manajer. Pengukuran ini digunakan utk planning, coordinating, dan controlling kegiatan sehari-hari dr pusat laba dan sbg alat motivasi yg tepat bg manajer.
l      Ukuran kinerja ekonomis, yg memiliki fokus pd bagaimana kinerja pusat laba sbg entitas ekonomi

l      Pengukuran kinerja manajemen, yg memiliki fokus pd bagaimana hasil kerja para manajer. Pengukuran ini digunakan utk planning, coordinating, dan controlling kegiatan sehari-hari dr pusat laba dan sbg alat motivasi yg tepat bg manajer.
l      Ukuran kinerja ekonomis, yg memiliki fokus pd bagaimana kinerja pusat laba sbg entitas ekonomi

Jenis Ukuran Kinerja
l      Contribution margin
l      Direct profit
l      Controllable profit
l      Pendapatan sebelum pajak
l      Pendapatan bersih

2 komentar:

Ria Loho mengatakan...

ada bahasa" yang masih kurang saya mengerti
thanks

SGS-SOSIAL-BLOG mengatakan...

terima kasih atas koreksinya